Gejala Asam Urat

Serangan dari penyakit asam urat biasanya terjadi dengan mendadak. Gejala asam urat di kaki biasanya adalah nyeri yang dirasakan nyeri pada satu sendi atau juga pada sendi yang lainnya. Dan pada malam hari, biasanya gejala asam urat di kaki di tandai dengan persendian di kaki yang mengalami pembengkakan, dan kemudian kulit yang menjadi merah atau menjadi keunguan, dan juga nampak mengilat. Jika kulit yang dirasakan pada persendian ini bisa disentuh kemudian akan terasa hangat dan juga nyeri. Biasanya gejala asam urat di kaki ini menyerang ibu jari kaki. Namun juga menyerang telapak kaki, pergelangan kaki, dan lutut. Pada bagian tangan juga bisa terserang asam urat ini.

Penyakit asam urat ini biasanya cenderung bentuknya Kristal disaat udara dingin. Kristal ini biasanya terbentuk di telinga dan juga pada jaringan yang sifatnya dingin. Sebaliknya dari Kristal ini jarang terjadi pada tulang belakang, persendian panggil, atau juga bahu. Keadaan dari gejala asam urat ini biasanya terjadi disebabkan oleh karena letak dari asam urat yang berada dibagian tengah tubuh.

Gejala  asam urat di kaki yang dirasakan lainnya adalah rasa demam, dingin dan juga detak jantung yang sangat cepat. Dan gekala ini biasanya mengarah pada orang usianya kurang dari usia 30 tahun namun sudah menderita penyakit asam urat. Biasannya gejala ini juga terjadi pada mereka yang sudah setengah baya dan juga pada wanita yang sudah mengalami menopause.

Serangan asam urat yang pertama biasanya terjadi hanya untuk mempengaruhi satu sendi dan juga biasanya berlangsung untuk beberapa hari. Gejalanya ini kemudian akan berkurang dan secara perlahan akan menghilang. Setelah itu sendi akan kembali dalam keadaan normal dan tidak adanya suatu gejala lagi yang muncul hingga sampai bertemu dengan serangan yang selanjutnya. Dan jika serangan ini mengalami perkembangan. Apalagi jika tidak diobati dalam jangka waktu yang sangat lama, maka frekuensinya ini akan terasa lebih sering dan terjadi di beberapa persendia. Maka kerusakan yang terjadi pada persendian ini sifatnya akan permanen.

Gejala Asam Urat Meningkat

Penyebab utama dari penyakit asam urat atau gout adalah meningkatnya kadar asam urat dalam darah atau hiperurisemia. Hiperurisemia ini dibagi menjadi dua, yakni hiperurisemia primer yang tidak diketahui penyebabnya dan hiperurisemia sekunder diketahui penyebabnya, seperti kelainan glikogen dan ginnjal. Normalnya asam urat sebagai hasil samping dari pemecahan sel terdapat dalam darah karena tubuh saling berkesinambungan memecah dan membentuk sel yang baru. Ketika ginjal tidak sanggip mengeluarkannya melalui kandung kemih, kadar asam urat darah pun meningkat. Selain itu, tubuh juga dapat membuat asam urat dalam jumlah sangat tinggi akibat adanya abnormalitas suatu enzim atau serangan suatu penyakit. Gejala asam urat meningkat dari penyakit ini datang secara tiba-tiba tidak terduga.

Gejala asam urat meningkat ini adalah nyeri di satu atau lebih sendi yang pada malam hari semakin terasa. Kadang-kadang persendian semakin bengkak, kulit menjadi merah atau keunguan, dan tampak mengilap. gejala-gejala ini pada akhirnya bisa mempengaruhi sendi di dasar ibu jari kaki dan kadang-kadang terasa di telapak kaki, pergelangan kaki, lutut, siku, serta pergelangan tangan. Pada persendian di bagian tepi, seperti telinga, tulang belakang, panggul dan juga bahu, biasanya akan terbentuk kristal. Gejala lainnya berupa demam, dingin dan detak jantung cepat. Serangan pertama biasanya hanya mempengaruhi satu sendi dan berlangsung selama beberapa hari. Serangan bisa hilang begitu saja, tetapi bisa juga berkembang jika tidak segera diobati.

Gejala asam urat meningkat, yakni berkumpulnya asam urat yang terus menerus dibagian persendian dan otot. Hal ini bisa menyebabkan perubahan bentuk dibagian tubuh tertentu, seperti daun telinga, bagian samping mangkuk sendi lutut, bagian punggung lengan atau tendon belakang pergelangan kaki.

Secara klinis, penyakit asam urat dibagi menjadi empat tahap, yakni tahap asimtomatik, akut, interkritikal, dan kronis. Setiap tahap ini memiliki gejala yang kadarnya berbeda-beda. Tahap asimtomatik ditandai dengan meningkatnya saluran kemih. Tahap akut ditandai dengan serangan nyeri di persednian yang mendadak dan hebat, disertai rasa kemerahan yang umumnya terjadi di pangkal ibu jari kaki pada tengah malam dan dini hari. Tahap interkritikal yang ditandai dengan berjalannya aktivitas secara normal tanoa rasa sakit sama sekali, bahkan sebagian penderita tidak mengalami serangan kembali. Disebut memasuki tahap kronis jika ditandai dengan pembentukan tofus, setelah 11 tahun tahun serangan pertama terjadi, akibat gejala yang tidak diobati. Dalam tahap ini, nyeri akan berlangsung lama, terus menerus, dan akhirnya bengkak, sehingga sendi menjadi kaku dan sakit.


Biasanya serangan asam urat timbul secara mendadak kebanyakan menyerang pada malam hari. Jika asam urat menyerang, sendi-sendi yang terserang tampak merah, mengilat, bengkak, kulit diatasnya terasa panas disertai rasa nyeri yang hebat, dan persendian sulit digerakkan.
Gejala lain adalah suhu badan menjadi demam, kepala terasa sakit, nafsu makan berkurang, dan jantung berdebar. Serangan pertama asam urat pada umumnya berupa serangan akut yang terjadi pada pangkal ibu jari kaki. Sering kali hanya satu sendi yang diserang. Namun, gejala-gejala tersebut dapat juga terjadi pada sendi lain, seperti pada tumit, lutut, dan siku.

Dalam kasus encok kronis, dapat timbul tofus, yaitu endapan seperti kapur pada kulit yang membentuk tonjolan atau benjolan yang menandai pengendapan kristal asam urat. Tofus sering timbul pada daun telinga, siku, tumit belakang dan punggung tangan. Tofus tersebut dapat menyebabkan perubahan bentuk. Biasanya, serangan akut gout berkaitan dengan konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi.
Penyakit asam urat sangat terkait dengan penyakit obesitas, hipertensi, hiperlipemia dan diabetes mellitus. Gejala radang sendi sangat khas yakni nyeri hebat, merah, bengkak dan panas yang menyerang pada sendi dan terjadi secara tiba-tiba terutama menjelang pagi. Serangan asam urat biasnya terjadi secara berulang-ulang. Bila hanya pegal linu pada otot dan sendi tanpa nyeri hebat, bisa dipastikan bukan radang sendi gout. Radang sendi kadang-kadang juga disertai dengan pembentukan kristal natrium urat besar yang dinamakan tofus, deformitas (kerusakan) sendi secara kronis, dan cedera pada ginjal.
Serangan pertama umumnya terjadi pada satu bagian sendi seperti ujung jempol kaki. Serangan pertama biasnya cepat sembuh dan serangan selanjutnya akan terjadi setelah waktu yang lama, bisa bertahun-tahun. Dalam fase bebas serangan atau interkritik ini, tidak dijumpai kelainan pada sendi. Karena itu, seringkali orang tidak menduga terkena asam urat dan hanya mengira keseleo atau kena infeksi. Selanjutnya jarak serangan kedua dan ketiga berselang beberapa bulan. Fase ini disebut fase kambuhan atau intermittent gout. Kekambuhan akan semkin sering bila telah kronis (menahun), biasanya penderita akan merasa nyeri sepanjang hari.
Gejala asam urat berat dapat menyebabkan bagian yang terserang berubah bentuk. Gejala ini dapat terjadi di tempurung lutut, punggung lengan, tendon belakang pergelangan kaki, dan daun telinga. Gejala ini banyak ditemui pada pria yang berumur lebih dari 30 tahun, kasus serangan asam urat pada pria mencapai 90%. Pada wanita, gejala ini umumnya ditemui setelah masuk masa menopause, tetapi kasus ini hanya mencapai 10 %.

Ciri khas dari asam urat adalah muncul secara tiba-tiba, nyeri seperti terbakar, bengkak kemerahan, hangat dan terasa kaku pada sendi yang diserang. Pada umumnya, gejala tersebut terjadi di ibu jari kaki, tapi bisa terjadi dimana saja. Pria maupun wanita yang berisiko asam urat memiliki lokasi serangan yang sama. Ada 2 hal yang menyebabkan nyerinya sangat tidak tertahan. Pertama, karena adanya kristal MSUM ( Monosodium urat monohidrat ) dalam sendi yang mengerakkan sendi sehingga otot terasa seperti sobek. Kedua, radang yang terjadi pada jaringan disekitarnya, menyebabkan gesekan tipis dari selimut bisa menimbulkan nyeri yang luar biasa. MSUM adalah garam asam urat yang dapat mengendap berbentuk kristal urat.
Demam yang tidak terlalu tinggi bisa ikut muncul. Umumnya, demam terjadi pada malam hari setelah sebelumnya penderita mengkonsumsi makanan yang berpurin tinggi. Sekitar 75 % serangan pertama dari asam urat, umumnya menyerang sendi pada pangkal ibu jari kaki. Asam urat bisa saja menyerang sendi lain, seperti mata kaki, tumit, lutut, pergelangan tangan, siku, jemari, dan tulang belakang. Ini disebabkan adanya luka kecil di sendi. Meskipun mudah sembuh, luka-luka kecil ini menjadikan aliran darah terganggu. Pada orang yang sehat, hal ini tidak membawa dampak apapun. Namun, pada penderita asam urat, sendi ini tiba-tiba tidak dapat digerakkan pada saat serangan.

Jika mengalami hiperurisemia dalam waktu yang lama, seseorang bisa memiliki benjolan kecil berwarna putih yang berisi asam urat. Benjolan ini disebut tofus. Benjolan ini bisa terdapat di mana saja, misalnya di daun telinga, jemari, atau bahkan kelopak mata.
Podagra adalah benjolan yang biasa dialami oleh penderita gout sekarang. podagra ditandai dengan bengak, kemerahan, nyeri dan terasa hangat bila diraba.
Pada beberapa kasus pernah dilaporkan bahwa podagra yang memerah terkontaminasi bakteri. Bisa terdapat nanah di tempat tersebut. Tofus memang mirip dengan bisul tapi sangat berbeda. Benjolan itu kristal urat yang menumpuk di persendian. Bila terkontaminasi bekteri maka banyak sel-sel darah putih yang datang ke daerah tersebut. Sel-sel darah putih itu memakan kristal urat sehingga timbul reaksi radang yang ditandai dengan bengkak kemerahan dan teraba hangat. Benjolan tersebut juga bisa mengandung nanah karena banyaknya sel-sel darah putih yang mati.
Penyebab utama penyakit asam urat adalah adanya peningkatan produksi asam urat secara alami akibat fungsi tubuh menurun, sehingga cadangannya meningkat 3-15 kali dibandingkan dengan kadarnya pada kondisi normal. Penyebab lain bisa karena pembuangannya melalui ginjal terhambat atau asupan makanan yang mengandung pruin yang berlebihan. Gejala penyakit asam urat antara lain arthritis (radang sendi) yang berulang dan akut. Kadang-kadang disertai pembentukan kristal natrium urat besar (thopus), deformitas (kerusakan) sendi secara kronis, dan kerusakan fungsi ginjal.


Gejala asam urat menurut subkomite The American Rheumatism Association sebagai berikut :
1. Adanya kristal urat yang khas di cairan sendi
2. Thopus terbukti mengandung kristal urat, berdasarkan pemeriksaan kimiawi dan mikroskopik dengan sinar terpolarisasi
3. Terdapat berbagai gejala berikut :
- Lebih dari sekali mengalami serangan arthritis akut
- Terjadi peradangan secara maksimum (nyeri sendi berat) dalam satu hari
- Oligoarthritis (jumlah sendi yang radang) kurang dari 4
- Kemerahan disekitar sendi yang radang
- Sendi metatarsophalangeal pertama (ibu jari kaki) terasa sakit atau bengkak
- Serangan unilateral di sendi tarsal (jari kaki)
- Serangan unilateral (satu sisi) di sendi metatarsophalangeal pertama
- Terbentuk thopus (deposit besar dan tidak teratur dari natrium urat)
- Hiperurisemia (kadar asam urat dalam darah lebih dari 7,5 mg/dl)
- Pembengkakan sendi secara asimetris (hanya di satu sisi tubuh)
- Serangan arthritis akut berhenti secara menyeluruh (menjadi arthritis gout kronik, sehingga tidak ada masa bebas serangan)
Seseorang ditetapkan terserang penyakit asam urat ketika terdapat salah satu atau lebih gejala diatas. Semua gejala dapat dilihat melalui pemeriksaan laboratorium serta pemeriksaan fisik (klinis)oleh dokter.

OBAT HERBAL ASAM URAT

Penyakit asam urat biasanya ditandai dengan serangan tiba-tiba, nyeri berat, kemerahan dan nyeri di sendi, seringkali sendi di pangkal jempol kaki.  Asam urat merupakan bentuk kompleks dari arthritis yang bisa menyerang siapa saja. Pria lebih mungkin untuk mendapatkan asam urat, tetapi perempuan bisa menjadi semakin rentan terhadap asam urat setelah menopause.

Sebuah serangan akut asam urat bisa membangunkan Anda di tengah malam dengan sensasi yang jempol kaki Anda yang terbakar. Sendi yang terkena panas, bengkak dan begitu lembut bahkan berat mungkin tampak tak tertahankan.
Penyebab Asam Urat

Asam urat terjadi ketika kristal urat menumpuk di sendi Anda, menyebabkan peradangan dan nyeri intens. Kristal urat dapat terbentuk ketika Anda memiliki tingkat asam urat dalam darah Anda. Tubuh Anda memproduksi asam urat ketika tubuh kelebihan purin, zat yang ditemukan secara alami dalam tubuh Anda, serta dalam makanan tertentu, seperti jeroan, ikan teri, herring, asparagus dan jamur.

Normalnya, asam urat larut dalam darah dan melewati ginjal ke dalam urin Anda. Tapi kadang-kadang tubuh Anda memproduksi terlalu banyak asam urat atau ginjal Anda mengeluarkan asam urat terlalu sedikit. Ketika ini terjadi, asam urat dapat terbentuk, membentuk tajam, seperti jarum kristal urat di jaringan sendi atau sekitarnya yang menyebabkan nyeri, peradangan dan pembengkakan yang sangat menyakitkan.

Mengobati Asam Urat dengan NUTRIGOUT
Untungnya, asam urat dapat diobati, dan ada cara untuk mengurangi risiko asam urat yang akan terulang kembali. Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan kapsul herbal asam urat  NUTRIGOUT. Obat herbal ini telah terbukti secara klinis mampu mengobati asam urat dengan mengurangi kadar purin dalam tubuh.
Bahan-bahan NUTRIGOUT antara lain:

  • Sonchus arvensis
  • Orthosiphon stamineus
  • Curcuma xanthorrhiza
  • Phyllanthus niruri
  • Dan bahan herbal rahasia lainnya
Manfaat mengkonsumsi NUTRIGOUT secara rutin:
Membantu mengobati Asam Urat, dan gejala Encok, Rheumatik, Kencing Batu, Keputihan, dan Infeksi Kandung Kemih.
Aturan Konsumsi:
Minum 3 x sehari sebelum makan (sekitar 30 menit sebelum sarapan, makan siang, dan makan malam)
Detail Produk :
Kemasan: Botol (lihat gambar diatas)
Isi: 50 kapsul
No.IKOT 442/00060/V-2
 



@



1 komentar - Skip ke Kotak Komentar

sadizenaden mengatakan...

Blackjack - Slots | CasinoCyclopedia
Blackjack is 순천 출장안마 one of the most exciting casino games. You have to 서산 출장마사지 wait a while to play, which is awesome considering that blackjack is 경산 출장마사지 one of the  Rating: 2.3 · 진주 출장샵 ‎21 reviews · ‎Price range: 의정부 출장샵 $

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Next Posting Lama
Gejala Asam Urat